Sabtu, 02 April 2011

ADAKAH YANG SALAH DALAM WUDHU KITA?

Sebagaimana telah diketahui bahwa Allah Subhana Wa Ta’ala mewajibkan shalat lima waktu kepada kita. Di antara kita ada yang baik dalam menunaikannya dan ada pula yang buruk. Oleh sebab itu, wajib bagi setiap muslim untuk bersungguh-sungguh dalam menunaikannya semaksimal mungkin, supaya sempurna amalannya, dan penuh pahalanya.

Salah satu sebab berkurangnya pahala shalat adalah apa yang terjadi pada sebagian orang yang shalat berupa perkara-perkara yang menyelisihi shalat Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, padahal beliau telah bersabda, “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat.” (HR. Bukhari)

Demikian juga apa yang terjadi dari sebagian mereka berupa kesalahan dan kekurangan dalam wudhu, dan tidak membaguskannya, padahal Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : “Barang siapa yang berwudhu seperti apa yang diperintahkan, diampuni dosanya yang telah lalu.”(HR.Ahmad dan an-Nasa’i).

Oleh karena itu pentingnya setiap muslim memperhatikan kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan dalam thaharah (bersuci), menjauhinya dan menasehati orang-orang yang terjerumus ke dalamnya supaya meninggalkannya dan agar kita semua meraih pahalanya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya.”